Cara Ampuh Meningkatkan CPC Adsense

Cara Ampuh Meningkatkan CPC Adsense

Semangat Malam sobat blogger semuanya,
Bagaimana Penghasilan Adsense anda saat ini? Terus meningkat ataukah semakin merosot seperti blog saya saat itu.Mudah-mudahan hanya saya yang mengalaminya.Beberapa bulan lalu Earning/Penghasilan adsense blog saya mengalami penurunan.Bahkan pernah satu hari tidak menghasilkan rupiah sama sekali,tapi anehnya justru pengunjung/visitor meningkat.
Pernahkah sobat mengalami hal yang sama dengan yang saya alami?
Sobat sekalian bisa berbagi pengalaman tersebut dikolom komentar dan bagaimana solusi yang sobat lakukan.

Miris bukan blog yang sudah kita bangun dari nol dengan susah payah mendaftarkan ke Google Adsense sampai berkali-kali ditolak,akhirnya terpuruk juga.
Setelah beberapa kali jatuh bangun membangun blog dan berharap ada sedikit rupiah masuk kekantong kita.

Meskipun banyak bloger yang bilang kalau konten original pasti lama-kelamaan akan meningkat baik pengunjung ataupun pendapatan adsensenya,Yang terpenting teruslah berkarya kata-kata itu yang masih saya pegang sampai saat ini. Menjadi blogger memang tidak mudah,kita harus rajin,teliti dan suka bereksperimen.Hal sekecil apapun dalam dunia blogger harus kita pelajari.Seperti kasus saya
diatas,Penghasian adsense yang terus menurun padahal visitor naik.
Jika kita tidak segera melakukan tindakan tepat,bukan tidak mungkin blog kita bangkrut.
Hal yang saya lakukan saat itu adalah mencari referensi di google dan masuk ke forum Blogger Indonesia.Alhamdulilah disana saya menemukan solusi dari teman-teman master blogger.
Mereka bilang  masalah itu timbul karena CPC adsense rendah dan menyarankan untuk meningkatkan CPC adsense.Satu persatu pertanyaan saya terjawab, dari apa itu CPC?,Bagaimana cara meningkatkannya?,dari A-Z lah pokoknya.
Berikut ini hasil pertanyaan dan solusinya dari para master blogger yang telah saya rangkum dan saya praktekkan,dan alhamdulilah ada hasilnya.
Silahkan sobat blogger simak dengan baik,tahap demi tahap sampai anda paham,mudah-mudahan bermanfaat.

Kenapa anda dapat nilai sangat rendah pada CPC Adsense?
Apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan CPC Adsense?

CPC adalah istilah yang begitu akrab bagi mereka yang menggunakan iklan untuk memonetisasi konten online mereka seperti blog Akun Youtube dsb. CPC adalah singkatan dari Cost per Click(Biaya per Klik) biaya rata-rata yang dihasilkan jika iklan itu di klik.

Cara Ampuh Meningkatkan CPC Adsense

Banyak publisher, terutama dari Indonesia, mengeluhkan CPC mereka anjlok secara tajam setelah sebelumnya sempat mendapat nilai cukup tinggi selama beberapa bulan. Termasuk saya sendiri pastinya,Penyebab paling masuk akal dari hal ini adalah karena pengiklan yang menargetkan blog Kita telah mengakhiri kampanyenya.memang pemilu yah pakek kampanye segala.........hehehe

Jika trafik dan hasil Adsense Anda secara keseluruhan meningkat sementara nilai CPC turun, maka bisa jadi Anda memperoleh trafik ke konten ber-CPC rendah, yang tentu menurunkan CPC rata-rata Anda.

Namun, jika hasil pendapatan keseluruhan mengalami peningkatan, maka Anda tidak perlu terlalu memusingkan masalah nilai CPC.

Berikut Iini adalah beberapa faktor utama yang banyak mempengaruhi nilai CPC serta tips meningkatkan CPC dan Penghasilan keseluruhan Adsense Anda.

1. Iklan dengan penargetan penempatan
Iklan dengan penargetan penempatan selalu memberi CPC lebih tinggi dibandingkan iklan reguler lainnya. Salah satu cara paling efektif meningkatkan CPC Adsense, adalah menarik minat pengiklan AdWords untuk mempertimbangkan blog / website Anda sebagai target penempatan iklan.

Kehilangan pengiklan tertarget adalah salah satu alasan utama kenapa nilai CPC turun secara tiba-tiba pada banyak blog.




2. Iklan berbasis minat
Dari statistik Adsense saya selama 1 tahun lebih, iklan berbasis minat merupakan iklan bernilai tertinggi kedua, yang hanya kalah dari penargetan penempatan.

Untuk mengaktifkan atau menon-aktifkan fitur iklan berbasis minat, bisa Anda atur pada tab “Penayangan iklan” pada kategori “Izin iklan”.
mengaktifkan fitur berbasis minat adsense
3. Topik blog
Seperti Anda tahu, nilai CPC ditentukan oleh pengiklan. Jika ada persaingan lebih, maka akan mempengaruhi sistem lelang dimana pengiklan menawarkan nilai tinggi dan lebih tinggi lagi agar iklan mereka muncul di halaman yang relevan.

Beberapa jenis konten, seperti produk kesehatan, otomotif, gadget dan sejenisnya memiliki CPC sangat tinggi di kalangan pengiklan. Hal ini membuat masing-masing pengiklan memberi penawaran lebih tinggi pada sistem lelang Adsense, hasilnya: CPC yang lebih tinggi.



Jika blog Anda kebetulan mengusung konten bernilai tinggi, secara otomatis, Anda akan mendapat nilai CPC lebih tinggi. Untuk mendapatkannya, mau tidak mau Anda mesti fokus pada keyword, topik atau niche yang memiliki persaingan tinggi.

Namun, perlu diingat pula, bahwa persaingan yang tinggi sendirian tidak serta merta memberi CPC yang tinggi. Pikirkanlah nilai uang yang rela dibelanjakan oleh pengiklan. Semakin besar uang yang dibelanjakan, semakin tinggi nilai CPC. Topik otomotif, asuransi, gadget, dan produk kesehatan, adalah beberapa yang terbukti membayar CPC tinggi.

Sebaliknya, topik semisal ‘pencari kerja, lowongan kerja’ dan sejenisnya, memiliki permintaan besar dari sisi pencarian, tapi memiliki CPC relatif rendah. Karena pembaca atau pencari informasi ini, bukan merupakan pembeli potensi dari produk-produk terkait, sehingga pengiklan tidak membelanjakan uang mereka terlalu besar.


4. Iklan gambar memberi CPC lebih tinggi pada topik tertentu
Apakah Anda menggunakan “Hanya iklan teks” atau “Hanya iklan bergambar”? Meskipun iklan bergambar (rich media) memberi CPC yang relatif lebih tinggi, tapi nilai CTR rata-rata Anda akan jauh lebih tinggi jika Anda menampilkan kedua-duanya.

Saya sendiri telah melakukan observasi bahwa jenis “Iklan teks dan bergambar” memberi hasil lebih besar dibanding jika memilih salah satunya saja pada topik yang berkaitan dengan teknologi, karena banyak pengiklan ingin menampilkan produk mereka melalui iklan bergambar.

Sedangkan, pada topik yang berkaitan dengan pendidikan, saya temukan bahwa unit iklan teks memberi pendapatan lebih tinggi karena nilai CTR yang lebih tinggi, meskipun dengan nilai CPC yang lebih rendah.



Sayangnya, cukup sulit men-generalisasi jenis iklan apa yang paling baik bagi Anda dan topik Anda. Pendekatan terbaik adalah dengan melakukan eksperimen: gunakan “Hanya iklan teks”, “Hanya iklan bergambar” dan kombinasi keduanya selama beberapa hari dan lihat mana yang memberi hasil paling baik.

Untuk strategi bagaimana menemukan unit iklan terbaik, silakan baca: Strategi meningkatkan pendapatan Adsense naik 2 kali lipat dalam 4 minggu.

Catatan:
Jangan hanya mengandalkan CPC yang tinggi, tapi lihatlah pendapatan secara keseluruhan. Meski jika dari hasil percobaan menunjukkan CPC lebih tinggi, tapi dengan CTR yang sangat rendah, maka pendapatan Anda secara keseluruhan akan lebih rendah pula.

5. Lokasi penempatan iklan
Ini ada hubungannya dengan poin pertama yaitu penargetan penempatan. Maksudnya, penempatan atau lokasi iklan berpengaruh banyak terhadap CTR dan CPC.

Jika iklan Anda ditempatkan pada bagian paruh atas layar (above the fold), atau pada lokasi ‘penting’ lainnya, maka kesempatan mendapatkan iklan dengan target penempatan dari pengiklan relatif lebih besar, yang akhirnya membuat CPC Anda juga ikut naik.

6. Mengaktifkan jenis iklan mahal
Iklan rich media, seperti “Iklan yang dapat diperluas”, “Iklan bergambar animasi”, “Iklan video” dan lainnya, biasanya menawarkan CPC lebih tinggi dibanding iklan biasa.

Buka tab “Penayangan iklan” pada kategori “Izin iklan”, dan pastikan semua jenis iklan diaktifkan.

jenis iklan bernilai mahal
7. Jaringan iklan pihak ketiga
Google mengintegrasikan layanan iklan pihak ketiga di Adsense. Artinya, iklan dari pihak ketiga akan bersaing dengan iklan Adsense dan akan menampilkan iklan dengan nilai tertinggi di blog Anda.

Pastikan Anda mengaktifkan “Jaringan iklan” pihak ketiga dan memilih semua jaringan iklan yang memberi CPC tinggi tinggi. Anda juga dapat mengaktifkan pilihan “Otomatis mengizinkan jaringan iklan tersertifikasi Google yang baru”, agar ketika ada jaringan baru bergabung ke Adsense, maka otomatis ditampilkan di akun Anda.



Setelah Anda memilih jaringan iklan pihak ketiga, Anda selanjutnya mesti mempelajari kinerja jaringan iklan tersebut secara berkala. Anda bisa melihatnya pada halaman “Laporan kinerja”, pada tab “Jaringan iklan”.

Cari jaringan iklan yang memberi cukup banyak impresi, tapi dengan CPC atau RPM yang sangat rendah. Anda kemudian dapat menon-aktifkan jaringan iklan tersebut, untuk memastikan impresi, yang Anda miliki tidak diisi dengan iklan bernilai sangat rendah.


Saya sendiri memilih untuk menon-aktifkan jaringan iklan yang memberi nilai CPC lebih kecil dari $0,07.
8. Pengaruh ukuran unit iklan
Cobalah ukuran iklan lainnya. Jika Anda menggunakan ukuran kotak, Anda bisa mencoba ukuran 336×280 atau 300×250 dan sebagainya, yang kiranya sesuai pada layout yang sama.

Memang, pada dasarnya, ukuran iklan tidak berpengaruh terhadap nilai CPC secara langsung. Tapi ada beberapa ukuran yang menjadi favorit banyak pengiklan, dan unit-unit tersebut memberi CPC lebih tinggi karena persaingan yang lebih tinggi.

Pada kasus saya, berikut adalah ukuran unit iklan yang memberi CPC tertinggi secara berurutan:

300×600 (iklan gambar)
336×280 (iklan teks)
300×250 (iklan teks dan gambar)
728×90 (iklan teks dan gambar)
Kembali lagi, eksperimen adalah kuncinya. Baca hasil eksperimen saya menggunakan ukuran 336×280.

9. Jumlah unit iklan
Banyaknya jumlah unit iklan yang digunakan pada satu halaman tidak memiliki pengaruh langsung dengan nilai CPC, namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai CPC secara tidak langsung.


Baca Juga : Panduan Lengkap dan Mudah Membuat Akun Adsense 

Jika Anda memiliki terlalu banyak blok iklan di blog Anda, pengiklan mungkin akan menghindari blog Anda, sehingga Anda kehilangan peluang mendapatkan iklan dengan target penempatan.

Ingat bahwa iklan dengan penargetan penempatan selalu memberi CPC lebih tinggi dibanding iklan lainnya, sehingga jika Anda kehilangan mereka, maka sangat berpengaruh terhadap rata-rata CPC Adsense Anda.

10. Menulis topik hangat dan peluncuran produk baru
Ketika sebuah produk baru diluncurkan, ada banyak toko online dan pengiklan lainnya yang menargetkan lebih pada produk tersebut.

Sebagai contoh, ketika Samsung Galaxy Note 4 diluncurkan dan tersedia di pasar, akan ada banyak toko online ingin mempromosikan produk tersebut, jadi mereka menargetkan keyword terkait. Jika Anda memiliki banyak konten berkaitan dengan topik tersebut, selama periode tersebut, Anda bisa mendapatkan CPC Adsense tinggi pada halaman konten tersebut.

Nah, itulah beberapa hal yang bekerja baik untuk kebanyakan publisher Adsense, tapi ingat, tidak semua blog adalah sama. Beberapa tips yang bekerja baik pada blog saya, bisa jadi tidak untuk blog Anda.

Anda mesti terus bereksperimen dengan berbagai opsi, penempatan, ukuran iklan, desain iklan dan sebagainya guna menemukan mana yang terbaik bagi blog Anda sendiri.

Sebagai tambahan, sebenarnya ada satu lagi cara meningkatkan CPC Adsense, yaitu dengan menargetkan pembaca dari negara-negara seperti USA, Inggris dan Kanada, di mana negara-negara tersebut memberi CPC Adsense lebih tinggi dibanding negara-negara seperti Indonesia, Tiongkok, India dan lainnya.

Tentu saja, Anda bisa melakukan ini jika blog Anda diisi dengan konten berbahasa Inggris. Lalu bagaimana cara menargetkan pembaca dari negara tertentu?

Maka Anda bisa menulis misalnya: “The Bestseller Smartphone in USA”, Ini akan memberi peluang lebih besar mendapat pembaca dari Amerika dibandingkan misalnya Anda menulis “The Bestseller Smartphone in Indonesia” meski sama-sama menggunakan bahasa Inggris.

Dari hasil pengamatan, berikut adalah negara-negara yang memberi CPC tinggi:

Selandia Baru
Norwegia
Australia
Kanada
Inggris Raya
Amerika Serikat
Singapura
Irlandia
Belanda
Jerman
Finlandia
Perancis
Itali, dan
Swiss


Baca juga : Apa itu BPK dan bagaimana cara meningkatkannya?

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk menyimak artikel saya,yang mungkin masih banyak kekurangannya.Kami tunggu saran dan kritiknya di kolom komentar untuk kemajuan blog ini,
Semoga Kesuksesan selalu menjadi milik kita,

Salam dari saya Tyo Afka Author Pustaka Diri

3 Komentar

Terimakasih sudah berkunjung.Kami tunggu saran dan kritiknya demi kemajuan dan kelangsungan blog ini
Terimakasih

  1. Info tutor yg keren tambah masuksn buat q sbg bloger pemula mas agan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung,semoga bisa menambah wawasan kita

      Hapus
  2. Siap di terapkan gan di blog q. Gan semoga cepet jadi page one.


    YUK KLIK LINK INI SEKARANG SEBELUM..

    Ayla Breast Care

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung.Kami tunggu saran dan kritiknya demi kemajuan dan kelangsungan blog ini
Terimakasih

Lebih baru Lebih lama