Pesona alam Air terjun Kali Pancur Salatiga

Kali pancur atau dalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai kali (sungai) dan pancur (air memancar kebawah) adalah sebuah objek wisata air terjun di kabupaten semarang.Terletak di wilayah lereng gunung Telomoyo perbatasan antara perbatasan salatiga,kab.semarang dan magelang.Kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman traveling saya dan teman2 kantor di objek wisata air terjun kali pancur.Di Semarang dan sekitarnya banyak terdapat objek wisata seperti ini diantaranya air terjun sekar langit,kedung kayang,curug lawe,air terjun 7 bidadari,semirang,air terjun seloprojo(sumuran),Umbul songo,air terjun grejegan kembar,air terjun klenting kuning,air terjun kembar baladewa dan mungkin masih banyak yang belum saya ketahui dan dikenal.Sahabat pustaka diri juga dapat menambahkan daftar air terjun ataupun objek wisata lain sebagai referensi tempat wisata dan berbagi pengalamannya disini.



Kembali keparagraf awal tentang pengalaman saya di kalipancur.Saya dan teman2 sebenarnya baru akhir2 ini senang traveling.Untuk menyegarkan otak dan pikiran dari rutinitas kantor.Pemilihan kali pancur sendiri terlintas dari benak pikiran saya yang terkenang masa SMA dulu. Long march SMANTISA sebuah perjalanan panjang melelahkan namun menyenangkan 2005 silam.Ternyata sudah tuwir juga saya sekarang. . .haha.Bagi teman seangkatan dan alumni Smantisa pasti mengalami yang namanya Long march ini.Jarak yang ditempuh lebih kurang 25 km dari sekolah ke kali pancur.Acara long march ini rutin diadakan setiap tahun ajaran baru dan hukumnya wajib bagi anak2 kelas 10 untuk mengikutinya.Acara ini sebagai MOS dan pelantikan Bantara pramuka disekolahku.Disela-sela perjalanan banyak halang rintang serta game.Perjalanan ini dibagi menjadi beberapa regu.setiap regu berisi sedikitnya 6 murid yang dipilih dengan memilih gulungan kertas yang sudah dinamai.Yang mendapatkan nama yang sama menjadi satu kelompok dengan nama regu kijang,harimau,rajawali dll.



Sedangkan yang murid perempuan melati,mawar,anggrek dll.Setiap regu dipilih satu ketua untuk bisa memimpin dan mengatur srategi2 dalam melewati halang rintang nanti.Dari selokah sampai lokasi tujuan ada pos2 yang harus dilewati,dan baru bisa melanjutkan dengan menyelesaikan halang rintang serta game dan rekomendasi dari pos supaya bisa diterima di pos berikutnya.Benar2 pengalaman yang tak terlupakan.Tidak ingin kenangan ini terlupakan begitu saja.Nostalgia baru dihari sabtu selepas pulang kerja untuk merefres kembali masa itu.Bedanya kali ini saya tidak berjalan kaki dan beregu tapi berempat dengan teman2 kantor.Perjalanan dengan sepeda motor kami tempuh selama satu jam.Udara dingin yang menyergap menambah semangat kami untuk cepat sampai tujuan.Sejuk dan menyegarkan udara yang kuhirup kali ini.Beda jauh kualitas udara ditempat saya tinggal.Klek bunyi standar motor saya sampai di area parkir kali pancur.Suasana tampak sepi hanya ada beberapa motor dan mobil yang diparkir.plek-plek-plek bunyi sandal pengelola parkir menghampiri kami dan menyodorkan karcis total 10rb rupiah untuk dua motor dan karcis tanda masuk objek wisata ini.Sedikit ngobrol dan bertanya tentang keadaan tempat ini.Loket pembayaran karcis yang saya lihat sudah tidak berfungsi seperti 11 tahun tahun silam.






Pengelolanya pun hanya warga sekitar bukan dari pemda.plok-plok-plok bunyi sepatu saya dan teman2 menuruni anak tangga.satu persatu anak tangga kami lalui tak ada wajah keletihan bahkan berlomba untuk turun dan sampai duluan di lokasi air terjunnya.suara air mengalir gemericik sudah terdengar.pancaran cahaya bias rintik air terjun membuat warna pelangi terlihat dari kejauhan.Begitu indah dan menyejukkan hati ini.lebih kurang 15 menit menuruni anak tangga dan jalan yang curam.Air yang sangat jernih menambah semangat kami untuk berbaur didalamnya.Foto selfie dan keindahan air terjun tidak lupa kami abadikan.Dengan hape Asus Zenfone 2 laser milik saya dan Xiaomy redmi note 3 milik teman saya.Meskipun air terjun kali pancur akhir2 ini kurang peminat tapi bagiku keindahannya masih tetap terjaga.Pasti Allah akan selalu menjaganya tinggal kita yang berbuat dan melestarikan anugrah dari-Nya.



Mungkin kurang olahraga dan aktivitas luar ruangan yang membuat kejadian memalukan ini terjadi.Huh nafas yang terengah2 kaki keram dan keluar keringat dingin.Beda sekali sewaktu SMA yang masih fit dan tanpa kendala berarti turun naik tempat ini.Saran saya bagi sobat pustaka diri yang ingin kesini menyiapkan fisik yang fit dan bekal terutama air minum.Kesalahan fatal saya adalah meremehkan hal2 sepele seperti ini.Dan karena fisik yang kurang fit sehabis pulang kerja.Untuk kita semua ayo jaga dan lestarikan lingkungan dimulai dari diri sendiri dan sekitarnya.Supaya pemerintah juga tidak tutup mata dengan potensi2 wisata yang ada.
Lingkungan yang sehat dan asri adalah aset masa depan.Kemakmuran akan mengikuti dimana anugrah allah terjaga rapi.

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung.Kami tunggu saran dan kritiknya demi kemajuan dan kelangsungan blog ini
Terimakasih

Lebih baru Lebih lama