Pengertian Tekonologi Database Berbasis Data dan Software

Pengertian Tekonologi Database  Berbasis Data dan Software

Ilustrasi by PCQUEST.COM



Perkembangan teknologi informasi semakin hari bertambah pesat.Sudah sepantasnya kita sebagai generasi penerus selalu mengikuti secara uptodate. Baik melalui pendidikan formal ataupun non formal,seperti melalui Internet sekarang yang anda buka ini.Banyak Website,Blog atau jejaring sosial yang mengulas tentang segala apa yang menjadi perkembangan terbaru di Dunia ini,seperti pendidikan,politik,perdagangan,kewirausahaan,kesehatan,teknoogi informasi dan masih banyak yang lainnya.
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang Pengertian Database,Teknologi Database dan Software Database ( basis data ).

Pengertian Tekonologi Database  Berbasis Data dan Software adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut Perangkat Lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system).Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi Istilah Database berawal dari ilmu komputer.
Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sejak lama sebelum adanya revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kwitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis ( kadang kala masih kita temui bentuk ini dalam peruasahaan yang pencatatannya masih manual).
Konsep dasar Database adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang
tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika).Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili denga menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.


Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung.Kami tunggu saran dan kritiknya demi kemajuan dan kelangsungan blog ini
Terimakasih

Lebih baru Lebih lama