Menilik dan mengunjungi Museum purbakala sangiran the homeland of java man wisata sejarah dan budaya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."
(QS. Al-Fatihah: Ayat 1)















Sangiran terkenal karena museum manusia purbanya.Nama Sangiran sudah tidak asing lagi ditelinga kita sejak dibangku sekolah.Disini terdapat banyak fosil2 manusia dan hewan pada jaman pra sejarah.Jutaan fosil jaman purba tersimpan rapi di museum ini.Fosil2 yang ditemukan dan berada di museum Sangiran jumlah hampir 50% dari temuan fosil di dunia dan sekitar 65% dari temuan di Indonesia.Koleksi Museum Sangiran sangat mengagumkan karena kelengkapannya itu.

Ada puluhan ribu fosil dari zaman Pleistosen (kurang lebih dua juta tahun lalu) di Sangiran ini.Pada tahun 1980 museum ini dibangu dan menempati areal seluas 16.675 m2.
Museum ini berlokasi di desa krikilan kecamatan kalijambe kabupaten Sragen Jawa tengah.Berkunjung disini seolah2 saya dibawa kemasa lalu dan terbayang2 akan kehidupan manusia ribuan bahkan jutaan tahun yang lalu.
Museum Sangiran buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB dengan harga masuk Rp5000.Kecuali hari senin museum ini tetap buka libur khusus hari senin.Di sangiran ini terdapat beberapa museum pendukung yang letaknya tidak terlalu jauh.

Serasa dalam perut gajah purba



●Krikilan: situs yang ada dengan pusat pengunjung utama dan museum.

●Ngebung: mengandung sejarah penemuan situs Sangiran.

●Bukuran: untuk memberikan informasi tentang penemuan fosil manusia prasejarah di Sangiran.
●Dayu: untuk menyajikan informasi tentang penelitian terbaru.

Wikipedia secara detail juga menjelaskan tentang semua seluk beluk Museum manusia purba di sangiran.Dan merupakan warisan budaya yang harus dijaga menurut UNESCO sejak tahun 1996.Banyak situs blog maupun website yang mengulas tentang Manusia purba sangiran.Dengan memasukan kata kunci sangiran,manusia purba,museum sangiran,Fosil manusia purba mesin pencari otomatis akan menampilkan puluhan bahkan ratusan link rujukan.
Replika manusia purba sangiran
Dokumen pribadi Asus Z00ED
Dengan replika manusia purba itu kita bisa ikut masul kedalam angan2 kehidupan kala itu.

Fosil gading gajah purba
Via Dokumen pribadi
Fosil kuda sungai
Dokumen pribadi asus Z00ED

Fosil manusia purba yang masih utuh
Dokumen pribadi asus Z00ED

Selain pengunjung dari anak2 sekolah dan mahasiswa museum ini juga banyak dikunjungi dari para kaum intelek dan para pejabat dan orang2 penting di negeri ini seperti Anis baswedan,Ganjar pranowo dan Hilmar farid.Anis baswedan berkunjung kesini pada tanggal 26 februari 2015.Kesan dan pesannya setelah melihat museum ini dia mengatakan"ditanah ini sejarah ditorehkan perjalanan panjang nusantara terpampang jelas.karya para peneliti yang didesikan hidupnya.kini harus jadi pelajaran bagi anak2 bangsa
Tanda tangan dan pesan kesan Anis Baswedan
dokumen pribadi asus Z00ED


Menurut kalian teori evolusi Darwin tentang manusia itu berasal dari kera benar adanya? Tunggu dan simak artikel berikutnya.
Terimakasih semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber: Wikipedia,Sangiran,dokumen pribadi

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung.Kami tunggu saran dan kritiknya demi kemajuan dan kelangsungan blog ini
Terimakasih

Lebih baru Lebih lama