Panduan Mudah dan Cepat Membuat Blog Gratis


Blog adalah tempat untuk Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Langkah awal sebelum membuat blog di blogger,  Anda harus memiliki akun email di Google mail.Jika anda belum memiliki akun gmail saya sarankan anda membuatnya terlebih dahulu. Ini akan mempermudah proses pembuatan blog Anda. Kalau Anda belum mengerti cara membuat email, bisa membaca postingan saya sebelumnya tentang cara membuat email. Kalau Anda sudah punya akun email di Gmail, langsung saja mengikuti proses membuat blog di blogspot, berikut ini adalah langkah-langkahnya:


1. Langkah awal, buka situs Blogger.com, klik link berikut untuk membuka Blooger berbahasa Indonesia di browser Anda Blogger.com


2.Pada halaman Blogger.com klik tombol “Create your Blog” atau tombol “Masuk”. otomatis anda akan menuju ke halaman untuk masuk ke akun Google mail. Masukkan  email Gmail anda ke kolom yang tersedia, lalu klik tombol Berikutnya

Lihat gambar


3.Masukkan pasword akun gmail anda terus klik tombol nex atau berikutnya.

4.Formulir isian google plus ,akan otomatis jika ingin mengubah data diri silahkan,seperti nama,jenis kelamin,TTL jika sudah selesai mengedit klik buat profile.

5.Lanjut ke Bloger 

6.Anda akan diarahkan ke halaman selnjutnya dimana anda dapat menentukan judul blog,memilih nama subdomain dan tema dalam blog yang anda buat.

7.Setelah semua diisi, silahkan klik tombol Buat Blog

8.Sampai di sini Anda sudah mempunyai blog baru,sebenarnya ini belum selesai, Berikutnya Anda harus melakukan pengaturan dan mempelajari beberapa Fungsi  di halaman kerja Blogger.
9.Posting Isi Konten di Blogger

Cara membuat postingan konten pada Blogger sebenarnya sangat mudah, berikut ini sedikit tutorial langkanya:
  • pertama adalah  klik pada tombol Entri Baru
  • Buat judul konten: buat judul singkat,jelas dan mudah dipahami karena blogger membatasi jumlah karakter untuk judul postingan.
  • Tulis artikel atau konten lain pada halaman konten yang sudah disediakan oleh blogger. Anda dapat memasukkan konten berbentuk text, gambar, dan juga video.
  • Anda bisa membuat link, mengganti format tulisan dan lainnya dengan bantuan menu formating yang terletak di bawah judul konten.
  • Sesuaikan label/ kategori  dengan konten yang Anda buat, lalu klik tombol “Selesai” dibagian bawah kolom label.
  • Anda juga bisa menjadwalkan waktu posting konten tersebut sesuai dengan keinginan, membuat tautan permanen, menambahkan lokasi, bahkan menambahkan pilihan lainnya sesuai dengan kebutuhan.
  • Jika Anda sudah yakin dengan konten Anda untuk dionlinekan, silahkan klik tombol “Publikasikan”. Konten/Artikel Anda sudah online dan bisa dibaca orang lain.



Lebih baru Lebih lama