Panduan Lengkap dan Mudah Membuat Akun Adsense


Dewasa ini banyak orang yang terjun ke dunia blogging/youtuber karena ingin menghasilkan uang daripada hanya sekedar hobby. Kebanyakan dari bloger pemula Salah satu cara menghasilkan uang dari blog adalah lewat program iklan milik google yaitu Google AdSense.
Mungkin motivasi setiap orang berbeda-beda untuk alasan kenapa mereka memilih dan menekuni dunia blog.Tapi saya yakin salah satu alasannya, lewat situs blog yang anda kelola bisa menghasilkan rupiah.
Pada kesempatan kali ini saya hanya menjabarkan Google AdSense untuk blog, seperti yang kita tahu bahwa AdSense juga bisa dijalankan di aplikasi Play Store dan juga  YouTube.
APA ITU GOOGLE ADSENSE?
Google AdSense adalah program periklanan milik Google yang memungkinkan para blogger maupun YouTuber menghasilkan uang dengan memasang iklan dari AdSense pada website maupun video mereka dan mendapatkan uang ketika iklan di klik oleh pengunjung.
Iklan yang ditampilkan oleh Google AdSense bisa berupa text, gambar, video maupun bentuk animasi lainnya. Pengguna hanya perlu mencopy code dan memasang di situs blog mereka dan konten iklan akan ditampilkan secara relevan dengan niche situs blog.
SYARAT UTAMA MENDAFTAR GOOGLE ADSENSE
Sebelum Anda mendaftar Google AdSense, Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi seperti berikut :
1. Anda harus memiliki blog atau website.
2.  Anda harus berusia di atas 18 tahun,
3.Anda harus memiliki email Google atau Gmail
Anda mungkin bertanya kenapa Google AdSense mengharuskan berusia diatas 18 tahun? Hal itu dikarenakan anda akan berhubungan dengan pembayaran dan keaslian data Anda bisa dipertanggung jawabkan,karena pada usia tersebut Anda sudah memiliki KTP atau SIM.
CARA DAFTAR GOOGLE ADSENSE
Ada tiga poin utama ketika mendaftar Google AdSense yaitu :
 Daftar ke AdSense
Tambahkan iklan AdSense ke blog Anda
Tunggu akun Anda ditinjau dan mendapatkan kabar diterima atau ditolak
Proses pendaftaran AdSense memang  mudah Sekali, tapi untuk proses persetujuan bisa membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dilakukan oleh Google dengan alasan agar menjaga kualitas Google AdSense dan para pengiklan yang sudah berlangganan membayar layanan AdSense.
Google menerapkan persyaratan yang sangat ketat bagi para blogger dan memastikan apakah calon situs yang didaftarkan benar-benar berkualitas dan memenuhi persyaratan untuk menjalankan AdSense. Poin nomer 3 diataslah yang menjadikan banyak blogger gagal diterima lamarannya oleh Google AdSense.
Tahapan UNTUK MEMBUAT AKUN ADSENSE:
Pertama, kunjungi situs Google AdSense disini  Daftar Google AdSense.
Setelah itu, silahkan klik tombol “Sign Up” untuk melakukan pendaftaran AdSense.
Anda diharuskan untuk membuat akun Google baru atau email (Gmail), atau Anda dapat menggunakan akun Google mail yang sudah  Anda miliki.


Langkah kedua, Anda harus  membuat akun AdSense untuk situs website Anda dengan memasukkan alamat situs Anda. Untuk URL situs web gunakan alamat blog Anda, dan pastikan menambahkannya tanpa “http://”.
Selanjutnya ada pilihan untuk mengaktifkan informasi saran dari AdSense , biasanya informasi ini berisikan tentang saran dari AdSense untuk mengoptimalkan iklan Anda sehingga mendapatkan hasil yang baik dan informasi akan dikirim melalui email atau notifikasi pada akun AdSense Anda.

Jika Anda setuju maka pilih “Yes, send me customized help and performance suggestions” atau “No, don’t send me customized help and performance suggestions” jika tidak menginginkannya.


Jika  Google AdSense menerima akun anda maka Anda akan melihat iklan AdSense muncul di situs blog Anda dan jika tidak maka Anda akan menerima email pemberitahuan dari AdSense yang berisikan alasan kenapa situs Anda ditolak dan memberikan beberapa poin apa saja hal yang perlu Anda perbaiki.
Dan selama masa menunggu silahkan untuk banyak-banyak berdoa agar Google AdSense menerima lamaran Anda. 🙂
PIN GOOGLE ADSENSE
Setelah mendaftar ke AdSense, dan iklan pada blog Anda sudah muncul maka yang perlu Anda lakukan adalah memasang iklan AdSense lagi pada posisi yang Anda inginkan. Anda bisa membaca beberapa artikel dibawah ini terkait Google AdSense.
Jika iklan sudah terpasang, Silahkan untuk melanjutkan kegiatan blogging seperti sebelumnya dengan membuat konten-konten berkualitas dan bermanfaat sambil menunggu penghasilan AdSense Anda mencapai $10, kalau sudah mencapai $10 maka AdSense akan mengirimkan Pin AdSense ke alamat yang sesuai dengan akun Anda.
Pin AdSense berguna untuk memverifikasi akun AdSense Anda sehingga benar-benar sepenuhnya Valid. Pengiriman Pin biasanya akan memakan waktu sekitar 1-2 bulan untuk sampai di tempat Anda, hal ini tergantung pada lokasi geografis Anda.
Jika Pin sudah ditangan Anda, maka agar mendapat bayaran dari AdSense, Anda perlu menyelesaikan dua langkah lebih lanjut:
1.  Kirimkan informasi pajak Anda
2. Masukkan PIN Anda
Anda harus mengirimkan formulir pajak yang spesifik untuk bagaimana Anda menjalankan bisnis. Untuk sertifikasi kegiatan Tanpa A.S., dan untuk penerbit AdSense Indonesia, Anda dapat mengisi informasi pajak seperti ini:
★ Masuk   ke akun Google AdSense anda.
★Pilih My Account dan pilih Tax Information
 Pada Kotak sebelah kanan, dibawah tulisan “Are you a U.S. citizen, U.S. resident alien, U.S. corporation, or a U.S. partnership?”, pilih “No” dan tekan tombol “Continue”.
  Berikutnya Anda akan mendapatkan pertanyaan “Do you own equipment in the U.S related to your partcipation in AdSense?” dan tekan tombol “Continue”.
 Langkah terakhir, Anda akan disuruh untuk memasukkan Nama Lengkap Anda dihalaman “Certification Of No U.S Activities”. Pastikan nama yang Anda masukkan sesuai dengan nama yang digunakan pada account AdSense Anda. Klik tombol “Submit”.
Selanjutnya hal yang paling Anda tunggu tentu saja pembayaran dari hasil Google AdSense yang Anda jalankan. Anda akan mulai dapat menerima pembayaran ketika akun AdSense Anda sudah mendapatkan penghasilan mencapai minimum $100 atau sekitar Rp.1,300,000 tapi Anda juga bisa menaikkan nilai minimum ini jika Anda ingin.
Pada bagian penerimaan pembayaran, Anda bisa memilih beberapa metode pembayaran seperti Western Union, Wire Transfer dan Check. Anda bisa mengatur ini pada akun AdSense Anda di bagian menu Settings » Payments dan pilih “Manage Payment Method”.

Saya sangat menyarankan jika Anda masih berpenghasilan sedikit dibawah $500 maka untuk mencairkan dana Anda melalui Western Union karena tidak terdapat potongan sama sekali. Kecuali jika akun AdSense Anda adalah IDR atau Rupiah maka bisa langsung menggunakan Wire Transfer.
Demikian sedikit tutorial pembuatan adsense dari saya,semoga bermanfaat dan menjadi sarana kesuksesan untuk kita.

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung.Kami tunggu saran dan kritiknya demi kemajuan dan kelangsungan blog ini
Terimakasih

Lebih baru Lebih lama